Minggu, 31 Januari 2016

PRODUK BERWUJUD DAN PRODUK TIDAK BERWUJUD



1)      PRODUK BERWUJUD (BARANG)
                Kelompok barang berdasarkan kepuasan dan kesejahteraan masyarakat jangka panjang adalah sbb:
a)      Solutary product (barang yang bermanfaat)
Yaitu barang – barang yang mempunyai daya tarik sangat rendah, akan tetapi dapat memberikan manfaat yang sangat tinggi kepada konsumen dalam jangka panjang misalnya sabun deterjen dengan fosfat yang rendah.

b)      Deficient product ( barang yang kurang sempurna )
Yaitu barang – barang yang tidak mempunyai daya tarik tinggi, tetapi kualitasnya tetap mempunyai faedah untuk konsumen misalnya obat – obatan yang rasanya pahit tapi biasanya manjur.

c)       Pressing product (barang yang sangat diperlukan)
Yaitu barang yang dapat memberikan kepuasan kepada si pembeli, akan tetapi dapat berakibat sangat buruk bagi para pemakai barang tersebut misalnya rokok, minuman keras, narkoba dsb.

d)      Desirable product (barang yang sangat diperlukan)
Yaitu barang yang dapat memberikan kepuasan dengan segera dan dapat bermanfaat bagi kehiduan manusia misalnya makanan dan minuman yang bergizi.


2)      PRODUK TIDAK BERWUJUD ( JASA )
Jasa adalah produk yang tidak berwujud karna tidak bida dilihat dan diraba untuk itu maka produk jasa merupakan perbuatan, penampilan atau sebuah usaha jasa.
a)      Sifat – sifat khusus pemasaran jasa
1.       Menyesuaikan dengan selera konsumen.
2.       Tidak adnya pelaksanaan fungsi penyimpanan.
3.       Mutu produk jasa dipengaruhi oleh barang berwujud.

b)      Karakteristik jasa
Menurut Leonard L Berry, jasa memiliki tiga karakteristik yaitu sbb :
1)      Less standar dizer and uniform (kurang memiliki standar dan keseragaman.
2)      Simoultaneus production and consumption (produksi dan konsumsi bersamaan waktu)
3)      More intangible than tangible (lebih besifat tidak berwujud)

c)       Macam – macam jasa.
1)      Personalized Service adalah yang ditangani langsung oleh produsennya, jasa ini bersifat pribadi dan tidak dapat dipisahkan dari orang yang menghasilkan jasa tersebut.
2)      Bussines Service adalah pelayanan jasa dalam bidang usaha.
3)      Public Utility Service adalah pelayanan terhadap masyarakat umum.
4)      Transportation Service adalah jasa angkutan bus, taksi, angkot, ojek, delman, dll.
5)      Entertainment Service adalah jasa pelayanan dibidang hiburan dan seni.
6)      Hotel Service adalah jasa pelayanan pendukung dalam bidang kepariwisataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar