Minggu, 31 Januari 2016

IKLAN



Iklan adalah pemberitahuan kepada masyarakat umum tentang suatu produk atau jasa yang sasarannya adalah masyarakat luas yang tidak tebatas jumlahnya dan tempat tinggalnya. Ciri – ciri iklan antara lain kalimatnya efektif dan menarik perhatian, media yang digunakan biasanya adalah media cetak dan media elektronik, media cetak misalnya: koran, majalah buku telepon, dsb, media elektronik misalnya: TV, radio, handphone.
A)     Macam – Macam Iklan.
Berdasarkan sifat dan tujuannya, iklan terbagi menjadi beberapa macam yaitu :
1)    Iklan pengumuman, misalnya pengumuman penerimaan siswa baru, pengumuman pindah alamat tinggal.
2)      Iklan undangan misalnya undangan rapat reuni, undangan mengikuti lelang.
3)      Iklan keluarga, misalnya ucapan selamat dan kematian.
4)      Iklan penawaran, misalnya penawaran mobil dan rumah.
5)      Iklan permintaan, misalnya mencari tenaga kerja, mencari ruang usaha.
6)      Iklan propaganda, misalnya iklan persuasif dengan kalimat yang sugutif atau gambar – gambar yang menarik.

B)      Penyusunan kalimat iklan.

Ada beberapa pedoman yang perlu dicermati untuk membuat kalimat iklan agar menarik perhatian masyarakat umum, yakni :
1)      Mengetahui seluk beluk barang atau jasa yang akan diiklankan.
2)      Mengetahui tingkat golongan masyarakat pembeli barang atau jasa.
3)    Berupaya menyajikan iklan yang menarik agar mampu menarik perhatian para konsumen untuk membeli.
4)      Memberikan bukti atau fakta tentang kelebihan produk dan jasa yang dikeluarkan agar harapan pembeli terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar