Iklan adalah
pemberitahuan kepada masyarakat umum tentang suatu produk atau jasa yang
sasarannya adalah masyarakat luas yang tidak tebatas jumlahnya dan tempat
tinggalnya. Ciri – ciri iklan antara lain kalimatnya efektif dan menarik
perhatian, media yang digunakan biasanya adalah media cetak dan media
elektronik, media cetak misalnya: koran, majalah buku telepon, dsb, media
elektronik misalnya: TV, radio, handphone.
A) Macam
– Macam Iklan.
Berdasarkan
sifat dan tujuannya, iklan terbagi menjadi beberapa macam yaitu :
1) Iklan pengumuman, misalnya pengumuman penerimaan
siswa baru, pengumuman pindah alamat tinggal.
2)
Iklan undangan misalnya undangan rapat reuni,
undangan mengikuti lelang.
3)
Iklan keluarga, misalnya ucapan selamat dan
kematian.
4)
Iklan penawaran, misalnya penawaran mobil dan
rumah.
5)
Iklan permintaan, misalnya mencari tenaga kerja,
mencari ruang usaha.
6)
Iklan propaganda, misalnya iklan persuasif
dengan kalimat yang sugutif atau gambar – gambar yang menarik.
B) Penyusunan
kalimat iklan.
Ada beberapa pedoman
yang perlu dicermati untuk membuat kalimat iklan agar menarik perhatian
masyarakat umum, yakni :
1)
Mengetahui seluk beluk barang atau jasa yang
akan diiklankan.
2)
Mengetahui tingkat golongan masyarakat pembeli
barang atau jasa.
3) Berupaya menyajikan iklan yang menarik agar
mampu menarik perhatian para konsumen untuk membeli.
4)
Memberikan bukti atau fakta tentang kelebihan
produk dan jasa yang dikeluarkan agar harapan pembeli terpenuhi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar